Apa yang Harus Dilakukan Apabila Gigi Anak Copot?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Kali ini kita akan membahas mengenai pertolongan pertama pada gigi anak yang copot. Menarik sekali ya topik ini! Apalagi kalau buah hati sangat lincah, seringkali anak terjatuh atau terbentur dan memungkinkan gigi bisa copot dari soketnya. Jika hal tersebut terjadi, tenang dulu ya Bunda.. karena ternyata gigi yang copot masih dapat diselamatkan. Bagaimana caranya? Yuk kita lihat di paragraph berikut.

Pertolongan pertama untuk gigi yang copot di tempat kecelakan:

  • Cari gigi yang jatuh dan mengangkatnya dengan memegang bagian mahkota (yang berwana putih), hindari memegang bagian akar.
  • Lakukan replantasi atau memasukkan kembali gigi yang copot ke dalam soket secepatnya, dalam keadaan gigi bersih. Jika kotor, gigi dapat dibilas di bawah aliran air selama 10 detik, selanjutnya langsung dimasukkan ke dalam soket.
  • Jika tidak dapat melakukan replantasi, gigi dapat disimpan di vestibulum rongga mulut (antara pipi dan gusi) atau direndam dalam saliva, saline, atau larutan susu.
    • Tidak disarankan untuk menyimpan gigi dalam air biasa karena dapat menyebabkan efek buruk pada penyembuhan jaringan periodontal).
    • Gigi boleh direndam dalam air biasa jika tidak ada medium lain yang memungkinkan (lebih baik direndam air biasa dibandingkan dengan membiarkan gigi kering).
  • Setelah replantasi dan dalam perjalanan ke dokter gigi, pasien diinstruksikan untuk menahan gigi tersebut dengan jari atau digigit dengan kasa atau saputangan.

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Referensi:

Andreasen J, Andreasen F, Andersson L. Textbook and color atlas of traumatic injuries to the teeth.

Leave your thought