APA SAJA YANG HARUS DIPERHATIKAN PASCA CABUT GIGI AGAR LUKA CEPAT SEMBUH?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan pencabutan gigi. Apakah ada pantangannya? Yuk, kita simak bersama ya!

Pasca pencabutan gigi, bekuan darah akan terbentuk di soket tempat gigi dicabut tersebut. Bekuan darah ini merupakan proses penyembuhan alami tubuh yang diperlukan untuk penyembuhan luka yang baik dan tidak boleh terganggu. Jika terganggu, luka akan semakin lama sembuh dan dapat menyebabkan infeksi berupa dry socket. Dry socket terjadi ketika bekuan darah tidak terbentuk atau lepas dari soket tempat gigi dicabut. Gejalanya berupa rasa nyeri hebat 1-3 hari pertama setelah pencabutan. 

Untuk mendapatkan penyembuhan luka yang baik dan menghindari dry socket, sahabat Palapa Dentists dapat mengikuti anjuran sebagai berikut, ya:

  1. Tidak makan atau minum 3 jam pasca pencabutan. Direkomendasikan untuk diet lunak, dengan makanan atau minuman yang tidak terlalu panas, pedas, dan asam.
  2. Tidak ‘menghisap’ atau memainkan luka bekas pencabutan dengan lidah (apalagi dengan tangan)
  3. Tidak meludah dan berkumur-kumur selama 24 jam pasca pencabutan.
  4. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti berolahraga.
  5. Tidak merokok dan meminum alkohol selama 48 jam pasca pencabutan.
  6. Gunakan gel penyembuh luka mulut sesuai anjuran dokter gigi.
  7. Konsumsi obat yang diberikan oleh dokter gigi sesuai aturan.

Nyeri pasca pencabutan merupakan hal yang wajar. Namun, jika sahabat Palapa Dentists merasakan nyeri yang semakin parah di kemudian hari, silahkan datang ke dokter gigi untuk pengecekan lebih lanjut. 

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: drg. Karina Widya Aisya

Sumber:

  1. (No date) NHS choices. Available at: https://www.kentcht.nhs.uk/leaflet/tooth-extraction-after-care/ (Accessed: 15 April 2024). 

Leave your thought