APAKAH AMAN MENCABUT GIGI SAAT SEDANG MENSTRUASI?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hubungan antara mencabut gigi dan periode menstruasi. Apakah hal ini aman dilakukan atau sebaiknya dihindari? Mari kita simak bersama-sama!

Tindakan pencabutan gigi saat menstruasi telah menjadi pembahasan yang cukup sering ditanyakan oleh pasien kepada dokter gigi. Meskipun terdapat beberapa hubungan seperti kondisi perubahan hormonal, pembahasan akademis saat ini masih sangat terbatas.

Penelitian menunjukkan bahwa ketidakseimbangan hormonal, terutama perubahan kadar estrogen dan progesteron, dapat berdampak pada persepsi nyeri pada wanita yang menjalani prosedur perawatan gigi, termasuk pencabutan gigi. Kondisi lainnya, seperti perdarahan tak kunjung henti atau penyembuhan luka yang lama akibat pencabutan saat menstruasi tidak terbukti secara ilmiah.

Selama menstruasi, kadar estrogen dan progesteron yang berfluktuasi dapat memengaruhi sensitivitas dan toleransi nyeri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita mungkin mengalami peningkatan persepsi nyeri selama fase tertentu dari siklus menstruasi, terutama saat menstruasi ketika kadar estrogen lebih rendah. Sebaliknya, toleransi nyeri dapat meningkat pada fase lain, seperti fase luteal, ketika kadar estrogen dan progesteron lebih tinggi.

Selain itu, faktor psikososial seperti kecemasan dan stres, yang juga dapat memengaruhi persepsi nyeri, dapat bervariasi pada setiap fase menstruasi. Wanita mungkin mengalami peningkatan tingkat kecemasan atau stres selama menstruasi, yang dapat memperburuk persepsi nyeri saat pencabutan gigi.

Meskipun terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa menstruasi dapat mempengaruhi persepsi nyeri selama pencabutan gigi, respons setiap individu dapat bervariasi. Selama dalam kondisi yang sehat, aman-aman saja ya untuk melakukan pencabutan gigi selama menstruasi. Dokter gigi tentu akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti fase menstruasi, fluktuasi hormonal, dan faktor psikososial ketika menilai dan menangani nyeri selama prosedur perawatan gigi. 

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: drg. Karina Widya Aisya

Sumber:

  1. Wang JV;Hattier G;Jhawar N;Mesinkovska N;Zachary CB;Saedi N; Variations in pain perception during the menstrual cycle: Implications for esthetic procedures, Clinics in dermatology. Available at: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31864450/ (Accessed: 14 April 2024). 
  2. Song, I.-S. et al. (2019) Evaluation of the association between menstrual cycle irregularity and dental pain or chewing discomfort in women before menopause, Journal of clinical medicine. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6518294/ (Accessed: 14 April 2024).

Leave your thought