Pakai Behel Sia Sia, Gara-gara Malas Pakai Retainer

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Sahabat Palapa apakah familiar dengan istilah retainer? Yuk kita bahas bersama! Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai pentingnya penggunaan retainer setelah perawatan ortodontik/behel dan memberikan wawasan mengenai peran retainer tersebut dalam menjaga posisi lengkung gigi.

Setelah kawat gigi dilepas, gigi masih membutuhkan waktu untuk stabil secara alami dalam posisi barunya. Tanpa dukungan yang tepat, terdapat risiko dimana gigi secara bertahap bergeser kembali ke posisi semula. Retainer membantu mencegah hal ini dengan menahan gigi pada tempatnya dan menjaga tulang dan jaringan di sekitarnya beradaptasi dengan posisi baru.

Terdapat berbagai jenis retainer populer yang tersedia:

  1. Retainer Hawley: merupakan retainer tradisional yang terdiri dari dasar/plat akrilik yang dibentuk sesuai dengan langit-langit/dasar mulut dengan kawat yang mengelilingi gigi depan dan dapat dilepas.
  2. Retainer Bening/Transparan: merupakan retainer dari plastik transparan. Karena sifatnya yang transparan, retainer ini cocok digunakan oleh pasien yang tidak menginginkan tampilan mencolok. Retainer ini menutupi seluruh lengkung gigi dan dapat dilepas.

Jadwal atau durasi pemakaian retainer bervariasi tergantung pada kasus tiap individu dan atas rekomendasi dari dokter gigi. Pada awal pemakaian, pasien mungkin perlu memakai retainer dengan durasi yang panjang, kemudian secara bertahap beralih ke pemakaian di malam hari saja. Konsistensi adalah kunci untuk memastikan keefektifan retainer dan mencegah relapse pergerakan gigi.

Retainer yang dapat dilepas harusdibersihkan setiap hari dengan sikat gigi dan sabun. Hindari mengekspos retainer ke air panas atau bahan kimia yang keras karena dapat merusak bahan. Kontrol berkala ke dokter gigi sangat penting untuk memantau tanda-tanda kerusakan dan keefektifan dari retainer.

Retainer gigi sangat diperlukan untuk mempertahankan hasil perawatan ortodontik dalam jangka panjang. Dengan memakai sesuai anjuran dokter gigi, sahabat Palapa Dentists dapat menjaga investasi yang telah dilakukan untuk mendapatkan senyum yang indah. Semoga bermanfaat, stay healthy!

 

Sumber:

  1. Saleh, M., Hajeer, M.Y. and Muessig, D. (2017). Acceptability comparison between Hawley retainers and vacuum-formed retainers in orthodontic adult patients: a single-centre, randomized controlled trial. European Journal of Orthodontics, [online] 39(4), pp.453–461. doi:https://doi.org/10.1093/ejo/cjx024.
  2. Mai, W., He, J., Meng, H., Jiang, Y., Huang, C., Li, M., Yuan, K. and Kang, N. (2014). Comparison of vacuum-formed and Hawley retainers: A systematic review. American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics, [online] 145(6), pp.720–727. doi:https://doi.org/10.1016/j.ajodo.2014.01.019.

Leave your thought