TEKNOLOGI AIRFLOW UNTUK MENGHILANGKAN NODA PADA GIGI

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu metode tindakan dokter gigi untuk menghilangkan tooth staining, yaitu dengan teknologi airflow (tekanan udara dengan bubuk abrasif). Sebelum membahas teknologi airflow, sahabat Palapa Dentists harus dapat membedakan staining dengan karang gigi dulu ya! 

Staining adalah bercak pada gigi yang merupakan akibat dari konsumsi kopi/teh atau merokok yang berlebihan. Karang gigi adalah lapisan seperti kotoran yang mengeras pada gigi. Tindakan scaling atau pembersihan karang gigi terkadang dapat sekaligus membersihkan staining. Namun, pada staining membandel yang tidak dapat dibersihkan secara sempurna dengan tindakan scaling, dapat dilakukan pembersihan dengan airflow.

Metode airflow ialah prosedur kebersihan gigi yang digunakan untuk menghilangkan noda dan plak pada gigi. Prosedur ini melibatkan penyemprotan air, udara bertekanan dan partikel bubuk halus ke gigi. Bubuk yang digunakan dalam pemolesan aliran udara biasanya terbuat dari natrium bikarbonat (soda kue) atau glisin, keduanya merupakan bahan abrasif yang lembut.

Berikut ialah cara kerjanya secara umum:

  1. Persiapan: Dokter gigi akan menilai kesehatan mulut Anda dan mengidentifikasi area noda atau penumpukan plak yang perlu diatasi.
  2. Pembersihan karang gigi: Jika diperlukan, pembersihan karang gigi akan terlebih dahulu dilakukan sebelum tindakan pembersihan noda gigi dengan metode airflow.
  3. Tindakan pembersihan menggunakan metode airflow: Setelah gigi bersih dan bebas dari karang gigi, dokter gigi akan menggunakan perangkat pemoles airflow untuk menyemprotkan aliran air, udara, dan bubuk ke bagian gigi yang telah ditentukan. 
  4. Pembilasan dan Pemeriksaan: Pasien akan berkumur untuk menghilangkan sisa bubuk dan kotoran. Dokter gigi kemudian akan memeriksa gigi pasien untuk memastikan kondisi gigi telah bersih dan bebas noda.

Adapun beberapa manfaat pemolesan aliran udara antara lain ialah:

  1. Penghapusan noda yang efektif: Pemolesan aliran udara dapat secara efektif menghilangkan noda permukaan yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti kopi, teh, anggur merah, dan tembakau.
  2. Lembut pada gigi dan gusi: Prosedur ini umumnya lembut pada email gigi dan gusi, sehingga cocok untuk sebagian besar pasien.
  3. Cepat dan nyaman: Pemolesan aliran udara biasanya merupakan prosedur yang cepat dan nyaman, sering kali diselesaikan dalam satu kunjungan ke dokter gigi.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa metode pembersihan airflow ini bukanlah pengganti kebutuhan untuk menyikat gigi secara teratur, flossing, dan pembersihan gigi profesional. Metode airflow bisa menjadi tambahan rutinitas kebersihan mulut pasien, terutama pada pecinta kopi dan teh. Klinik Palapa Dentists menyediakan layanan ini, sahabat Palapa dapat bertanya langsung kepada dokter gigi kami. 

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: drg. Karina Widya Aisya

Sumber:

  1. Mouth.co.uk (2023) The benefits of airflow teeth cleaning: A fresh approach to dental hygiene, Mouth Dental. Available at: https://mouth.co.uk/the-benefits-of-airflow-teeth-cleaning-a-fresh-approach-to-dental-hygiene/ (Accessed: 14 April 2024). 
  2. Hongsathavij, R., Kuphasuk, Y. and Rattanasuwan, K. (2017) Clinical comparison of the stain removal efficacy of two air polishing powders, European journal of dentistry. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5594968/ (Accessed: 14 April 2024). 

Leave your thought