Apa Tujuan Tindakan Kuretase?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Semoga sahabat Palapa Dentists dalam keadaan sehat dan bahagia selalu, yaa. Kali ini kita bahas mengenai tindakan kuretase, yuk! Sahabat Palapa tau kah, ternyata gusi pada gigi juga bisa dilakukan kuretasi, lho.. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita simak paragraf berikut.

Kuretase merupakan tindakan bedah minor pada gusi untuk mengangkat dan menghilangkan jaringan terinfeksi pada dinding poket. Poket adalah kondisi patologis pendalaman sulkus gingiva atau gusi dan dapat terjadi ketika seseorang memiliki penyakit periodontal (periodontal: jaringan penyangga gigi, seperti gusi). Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah sebelah kanan, gusi yang normal tidak akan memiliki “kantung” karena normalnya gusi melekat pada gigi. Gambar sebelah kiri menunjukkan gigi dengan penyakit gusi yang terinflamasi dan terbentuk “kantung”.

What are periodontal pockets? – Hilton Dental Practice

Dengan ada poket pada gigi, sisa makanan dan plak dengan mudahnya dapat masuk ke dalam kantungtersebut sehingga menyebabkan inflamasi dan menjadi sarang bakteri dalam gusi. Akibatnya, gusi menjadi kemerahan, terasa sakit, mudah berdarah, dapat terjadi pembengkakan, bahkan gusi dapat terlihat turun sehingga akar gigi terekspos (menyebabkan gigi ngilu).

Untuk menghilangkan poket, Dokter Gigi akan melakukan tindakan scaling root planing disertai dengan kuretase. Scaling root planing adalah tindakan melepas plak dan kalkulus yang melekat pada gigi. Setelah gigi bersih dari plak dan kalkulus, dilakukan kuretase untuk memicu perlekatan jaringan ikat baru ke gigi. Sahabat Palapa tidak perlu takut, walaupun merupakan tindakan bedah minor, kuretase tidak semenyeramkan itu. Sebelum tindakan, Dokter Gigi akan melakukan bius lokal terlebih dahulu sehingga tidak terasa sakit. Obat-obatan yang sering diberikan menyertai tindakan bedah minor periodontal ini adalah paracetamol atau asam mefenamat (antinyeri) dan metronidazole atau ciprofloxacin (antibiotik).

Prosedur kuretase dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

Gingival curettage – rootsclinic.net

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. ‘The American Academy of Periodontology Statement regarding Gingival Curettage’ (2002)Journal of Periodontology, 73(10), pp. 1229–1230. doi:10.1902/jop.2002.73.10.1229.

Leave your thought